4 Hal Penting Mencari Jasa Financial Planner

Masalah keuangan baik dalam hal individu, keluarga, maupun organisasi/bisnis, pada hakikatnya merupakan persoalan yang sangat lumrah dan sering kali ditemui. Dikatakan demikian karena penghasilan yang diperoleh terkadang menjadi tidak terkelola, sedangkan pengeluaran tidak terbatas. Meski sudah punya rencana diawal untuk mengelola pendapatan, namun kerap kali “dipatahkan” oleh hal-hal menarik seperti diskon atau penjualan lainnya. Menyiasati perihal seperti ini gampang-gampang susah. Sebab kalau tidak ada prioritas atau tekad yang kuat maka akan mudah terlena atau tergiur dengan hal-hal yang justru tidak terlalu penting (konsumtif).

jasa-financial-planner

Beberapa orang mencari berbagai referensi untuk mengatasi masalah keuangan, baik itu mencari tips melalui internet maupun membaca dari beragam media cetak. Terkhusus bagi yang sudah menikah dan punya anak, giat mencari panduan mengelola keuangan keluarga dengan harapan bisa menemukan jalan keluar atau pencerahan supaya bisa mengatasi perkara-perkara keuangan yang dialami. Namun sayangnya, tidak semua orang dapat terbebas dari masalah ini atau tetap berada pada zona yang sama dengan sebelumnya. Gaya hidup yang selalu meningkat tak hanya dapat membuat keuangan kacau, tetapi bahkan beresiko tidak tercapainya harapan untuk mempunyai dana pensiun.

Menggunakan jasa financial planer adalah alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mengendalikan kondisi keuangan yang selalu bermasalah. Dengan pencerahan yang diberikan oleh konsultan secara langsung, memungkinkan dalam menggugah pikiran agar dapat mengelola penghasilan dengan baik, dimulai dari mengevaluasi akar masalah, membahas rencana di masa depan hingga nantinya bisa mencapai tujuan yang ditetapkan. Lebih lanjut untuk mencari jasa financial planner, berikut 4 hal yang perlu diperhatikan:

Sertifikasi

Organisasi yang punya anggota dan dipercaya punya keahlian yang baik dalam bidang perencanaan keuangan pada dasarnya sudah memiliki sertifikasi, yang artinya telah menekuni bidang keuangan dengan baik. Sebagai rekomendasi, Finansia Consulting financial planner adalah sebuah perusahaan yang memiliki anggota bersertifikasi sebagai perencanaan keuangan dan telah berhasil membantu berbagai klien baik perseorangan maupun perusahaan dalam mengatasi amburadulnya kondisi finansial mereka.

Pengalaman

Pengalaman konsultan juga perlu diteliti. Semakin berpengalaman seseorang dalam bidang yang dia tekuni, maka banyak pula ilmu yang diraihnya sehingga menjadi lebih berkompeten. Inilah sebabnya mengapa pengalaman juga menjadi bagian penting yang juga patut dipertimbangkan dalam memilih jasa financial planner. Contoh untuk Finansia consulting yakni perusahaan perencanaan keuangan yang berdiri sejak tahun 2009. Sebuah pengalaman yang cukup lama bahkan telah banyak melakukan seminar dan pelatihan baik di beberapa lokasi baik kepada individu maupun perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia.

Klien

Klien juga dapat menjadi penilaian besar dalam memilih jasa konsultan keuangan. Jika perusahaan sudah mempunyai banyak klien, artinya sudah dipercaya dan banyak berhasil dalam membantu orang-orang atau juga organisasi dalam menyelesaikan masalah keuangan. Sebaliknya, kalau jumlah klien hanya sedikit tak menutup kemungkinan pelatihan yang diberikan justru mengecewakan atau juga tidak memberikan efek positif (terkecuali jika perusahaan baru beroperasional).

Menggunakan jasa pakar keuangan yang ahli di bidangnya memang sangat memungkinkan untuk mengatasi masalah keuangan yang tak mampu dikendalikan sendiri. Selain beberapa hal di atas, tarif jasa perencana keuangan juga patut pertimbangkan. Setiap konsultan pastinya punya biaya jasa yang berbeda-beda, namun pasarannya ialah sekitar 300 hingga 750 ribu rupiah per jam. Nah, bila ingin mengevaluasi masalah keuangan lebih besar misalnya tak hanya keluarga tetapi juga bisnis tentu biaya yang perlu disiapkan pun harus lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *